Kamis, 20 Januari 2011

Cara Kerja Printer Serta Perbedaan Printer antara dot-matrix inkjet dan laser printer

Cara Kerja Printer

Printer pada umunnya merupakan alat output untuk mencetak hasil inputan dari input device. Berikut ini adalah cara kerja printer Pertama aplikasi perangkat lunak yang digunakan mengirimkan data yang akan dicetak ke printer driver.Kemudian driver menerjemahkan data yang dikirimkan menjadi data yang dapat dimengerti oleh printer dan memeriksa apakah printer siap untuk melakukan pencetakan atau tidak. Data kemudian dikirimkan oleh driver dari komputer ke printer dengan menggunakan antarmuka koneksi paralel/USB. Printer menerima data dari komputer dan sejumlah data disimpan dalam Buffer. Buffer dapat berukuran dari 512 KB RAM hingga 16 MB RAM bergantung pada modelnya. Buffer sangat berguna karena mengijinkan komputer melakukan pencetakan dengan cepat daripada harus menunggu halaman yang sebenarnya untuk dicetak. Jika printer dalam status idle dalam waktu yang lama, biasanya akan dilakukan proses pembersihan head print terlebih dahulu. Setelah pembersihan selesai, printer siap untuk mencetak. Circuit Control mengaktifkan feed motor stepper untuk mengambil kertas. Motor ini mengaktifkan roll dan mengambil kerta yang ada pada tray kertas. Ada mekanisme kecil yang melakukan pengecekan pada tray kertas. Jika ada kertas yang terdeteksi, maka pencetakan dilakukan. Tapi jika tidak terdeteksi adanya kertas, LED pada printer akan menyala dan printer mengirim alert Printer is out of paper pada komputer. Setelah kertas dimasukkan, print head menggunakan belt untuk berpindah posisi mengitari kertas. Motor berhenti setiap sepersekian detik memberi waktu pada print head untuk menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas sebelum kembali bergerak. Pergerakan ini terjadi begitu cepat sehingga terlihat seperti kontinyu. Beberapa titik dibuat dalam sekali semprot. Head print menyemprotkan warna CMYK dalam nilai yang tepat sehingga didapat warna yang diinginkan. Setelah mencapai batas sisi kertas, print head kembali ke sisi awal kertas (atau pada beberapa printer print head berputar/berbalik) dan kembali mencetak. Proses tersebut berulang hingga tercetak satu halaman penuh. Waktu yang digunakan untuk mencetak satu halamann juga bervariasi, bergantung pada kompleksitas halaman ataupun gambar yang dicetak. Setelah pencetakan selesai, head print diposisikan disisi lain diluar area kertas. Feed motor stepper kemudian mendorong kertas hingga kembali ke tray dan pencetakan selesai. Saat ini, kebanyakan printer sudah menggunakan tinta yang cepat kering sehingga dokumen hasil cetak dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu smudging terlebih dahulu.



Perbedaan Printer antara dot-matrix inkjet dan laser printer



  1. Dot matrix
  • resolusi cetak masih sangat rendah
  • suara mesin kasar
  • kualitas hasil cetak masih buruk
  • hanya mempunyai 1 warna ( umumnya hitam )
  • harga jauh lebih murah
2. Inkjet
  • kualitas mencetak gambar sudah baik
  • sudah menggunakan tinta
  • hasil cetakan lebih lama keringnya
3. Lasser Jet
  • mirip dengan mesin fotokopi
  • sudah baik dalam resolusi dan kualitas cetak gambar
  • lebih cepat kering hasil cetakannya
  • daya cetak lebih besar daripada printer inkjet


»»  READMORE...

Rabu, 12 Januari 2011

Tugas Siskom

Dynamic RAM : jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.

Static RAM : jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.

RAID :RAID merupakan singkatan dari Redundant Array of Inexpensive Disks, selain itu ada yang menyebutnya dengan Redundant Array of Independent Disks. RAID ini merupakan gabungan beberapa harddisk jadi satu. System akses datanya lebih cepat karena jika satu harddisk tidak terbaca, maka harddisk lain menggantikan. Selain itu jika kita menyimpan sebuah data, maka data yang sama juga akan tersimpan dalam harddisk lain. Hal ini memperkecil kemungkinan kegagalan dalam menyimpan data. Biasanya harddisk ini digunakan intuk server.

HAS : HAS merupakan singkatan dari Host-Attaches Storages. HAS merupakan pengaksesan storage melalui port M/K lokal. PC biasanya menggunakan sebuah arsitektur bus M/K yang bernama IDE atau ATA. Arsitektur ini mendukung maksimal 2 drive per M/K bus. Arsitektur yang lebih baru yang menggunakan simplified cabling adalah SATA. High-end workstation dan server biasanya menggunakan arsitektur M/K yang lebih rumit, seperti SCSI atau fiber channel (FC).

NAS :Network-Attached Storage (NAS) adalah storage hard disk yang dikonfigurasi dengan memberikannya IP Address dan dipasang di jaringan LAN, sehingga dapat diakses oleh beberapa user sekaligus. Dengan cara memindahkan akses ke storage beserta manajemennya dari server seperti ini, maka program aplikasi dan file dapat diakses lebih cepat, tidak menggunakan resource prosesor yang sama lagi. NAS ini terdiri dari hard disk storage (umumnya juga termasuk sistem RAID multi disc) beserta software untuk mengkonfigurasinya. NAS merupakan solusi terbaik karena NAS sangat mudah untuk diinstall, digunakan, dan dikelola walaupun tanpa orang TI sekalipun.
»»  READMORE...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com